Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan Tubuh Kita [Part 1]

assalamualaikum wr wb ...

salam untuk semua teman-teman , semoga kita masih selalu diberikan kesehatan serta nikmat yang membuat kita masih dapat menjalani hidup kita ...

Oke , teman-teman semua maaf sudah lama tidak Posting-Posting di dalam blog ini . mungkin karena saya kurang cermat membagi waktu , oek teman-teman sekarang saya akan mulai menjelaskan sedikit saja tentang manfaat gerakan sholat bagi kesehatan kita .

Pertama-tama , apasih solat itu ?
Nah , bagi kita yang beragama islam atau juga dikatakan sebagai umat Islam atau biasa disebut muslim , ini adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh semua umat Islam. Karena solat adalah Rukun Islam ke-2 setelah membaca 2 kalimat syahadat.
Lalu , banyak juga yang bertanya seperti ini "untuk apa kita solat ?" , solat juga merupakan media untuk berkomunikasi dengan sang pencipta kita. Dan juga di dalam solat terdapat beberapa gerakan-gerakan. Gerakan-gerakan yang berbeda-beda tersebut itu memiliki nama masing-masing yaitu takbiratul ihram , rukuk , iktidal , sujud , duduk dan salam.

Oke sekarang , kita mulai tentang dimana bahasan kita tentang Manfaat Gerakan Solat terhadap kesehatan kita .

gerakan pertama , Takbiratul Ihram .
Takbiratul Ihram ini merupakan gerakan berdiri tegak dengan mengangkat kedua tangan hingga sejajar dengan telinga lalu dilipat ke dada bagian bawah.
illustrasi gbr.

bisa kita lihat kan gambar nya ? nah , itu supaya menarik perhatian teman-teman agar lebih semangat memperhatikan bahasan penting ini. Lanjut saja , dengan pertanyaan " Apa yang diperoleh dari gerakan sederhana diatas? "

Jika teman-teman mendapat pertanyaan seperti yang saya tebalkan tadi , kita bisa jelaskan dengan tidak emosi atau pun tergesa-gesa dan bingung mau menjawab apa. Dari gerakan diatas (takbiratul ihram) kita memang secara tidak langsung dan tidak kita sadari kita telah mendapatkan yaitu , gerakan ini melancarkan peredaran aliran darah, getah bening(limpa) dan kekuatan pada otot-otot lengan. Ketika gerakan seperti ini posisi jantung dibawah otak menyebabkan aliran darah ke seluruh tubuh menjadi lancar. Dan ketika kita mengangkat kedua tangan , otot bahu menjadi meregang sehingga membuat aliran darah kaya oksigen menjadi lancar. Dan ketika kita melipat kedua tangan ketika solat itu juga memberikan manfaat bagi kita , yaitu untuk menghindari kita dari segala gangguan persendian khususnya pada tubuh bagian atas.

lanjut ke gerakan kedua , yaitu Ruku'

Ruku' ini juga sebuah nama gerakan dalam solat . Gerakan ini adalah dengan membungkukkan badan dengan  tulang yang lurus sehingga ketika kita menaruh gelas di atasnya tidak akan terjatuh , itu adalah sebuah Ruku' yang sempurna. 
Illustrasi Gbr.

Manfaat dari gerakan ini adalah dapat menjaga postur dari guna tulang belakang sebagai penyangga tubuh dan juga sebagai pusat syaraf . Dan juga ketika ruku , Posisi Otak dan Jantung menjadi sejajar , sehingga aliran darah mencapai maximal ke tubuh bagian tengah. Ditambah lagi dengan tangan yang bertumpu kepada lutut ini sebagai relaksasi bagi otot-otot bahu hingga ke bawah . Dan juga ruku' sebagai latihan kemih untuk mencegah gangguan prostat. 

Nah , untuk Part 1 ini cukup sampai disini dulu , insya allah besok saya posting lagi jadi teman-teman jangan lupakan solat , kita bisa lihat sekarang . Baru 2 gerakan dalam solat saja sudah sangat bermanfaat bagi tubuh kita , apalagi semua nya . Jadi semakin sering kita solat kita bisa menjaga kesehatan secara tidak langsung dan juga sebagai bekal kita untuk menuju surga . Amin-amin ya Rabbal Alamin ....

terima kasih teman-teman sudah membaca tulisan saya ini , mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan .

thanks to :
http://juneyuanita.multiply.com/journal/item/56/Manfaat_gerakan_shalat_utk_kesehatan

karena dalam artikel itulah saya dapat membuat tulisan ini. sekali lagi terima kasih ,
Assalamualaikum Wr.Wb.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama